Indonesia, Inspirasi bagi Pemuda Islam ASEAN

BANDUNG (Pos Kota) – Kaukus Pemuda Partai Islam tingkat ASEAN menilai Indonesia menjadi inspirasi bagi reformasi dan demokrasi bagi kaum muda Islam ASEAN. Perubahan sistem poltik yang terjadi di Indonesia berimbas ke negara-negara ASEAN.

“Perubahan di Indonesia kepada negara-negara ASEAN seperti Malaysia, Thailand, Philipina termasuk rezim Myanmar sendiri sudah melunak dan sekarang mulai melakukan perubahan,” kata Generasi Muda Pembangunan Indonesia Hilman Ismail Metareum, di Bandung, Jawa Barat, Senin.

Kaum muda Partai Islam ASEAN mengadakan pertemuan untuk melakukan konsolidasi di Bandung, Jawa Barat bersamaan pelaksanaan Muktamar VII PPP. Kaum muda yang hadir di antaranya, Ketua Angkatan Muda Partai Keadilan Rakyat Malaysia Shamsul Iskandar Mohammad Akin, Wakil Ketua Angkatan Muda Partai Islam se Malaysia Aminullah Rasyid dan yang lainnya.

Ia mengatakan persoalan yang menimpa kondisi umat Islam di negara-negara ASEAN menjadi perhatian kaum muda Islam seperti, Thailand Selatan, Philipina, Myanmar dan Vietnam termasuk di Singapura. “Kita bertemu untuk konsolidasi agar kita memiliki satu suara untuk melakukan perubahan-perubahan di internal umat Islam,” tutur Hilman.

Shamsul Iskandar Mohammad Akin menyatakan pihaknya menyambut baik ucapan Ketua Umum DPP PPP Suryadharma Ali yang menginginkan PPP menjadi rumah besar bagi umat Islam.

Ia menilai rumah besar bagi umat Islam bukan hanya ruang lingkup di Indonesia saja, tapi juga tingkat regional ASEAN.

“Dari segi demokrasi Indonesia lebih maju dibandingkan dengan negara lain termasuk dengan Malaysia,” katanya.

Karena itu, papar Shamsul, apa yang terjadi di Indonesia sangat berpengaruh bagi negara ASEAN. “Kami kaum muda Islam Malaysia juga sedang berusaha untuk melepaskan diri kekangan demokrasi, karena kami selama ini tidak tidak bebas dalam mengeluarkan pendapat. Kami harus menghadapi resiko penangkapan oleh polisi di Malaysia, bahkan sebelum berangkat ke Indonesia ada tujuh orang teman kami ditangkap karena kritisnya kepada pemerintah,” tutur Shamsul.

www.poskota.co.id

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s